THE LEGEND OF 1900

Director : Giuseppe Tornatore
Producer : Giuseppe Tornatore,Francesco Tornatore
Screenwiter : Giuseppe Tornatore
Starring : Tim Roth,Pruitt Taylor Vince,Bill Nunn,Clarence Williams III,Melanie Thierry

Bagaimana jadinya jika ada seorang manusia yang dilahirkan, dibesarkan, dan menghabiskan seluruh hidupnya hingga ajal menjemput pada sebuah kapal pesiar?Ya, kisah ini merupakan bagian cerita dalam film The Legend Of 1900. sebuah film monumental karya sutradara asal Italia, Giuseppe Tornatore yang pernah melahirkan film legendaris  Cinema Paradiso.

Diawali dengan penemuan seorang bayi oleh pekerja kasar dalam kapal, Boodman(Bill Nun) yang kemudian membaptis bayi tersebut dengan nama yang cukup nyentrik, Danny Boodman T.D Lemon 1900 yang diperankan Tim Roth. Kecelakaan kerja berujung kematian yang dialami Boodman(bill Nun) akhirnya memaksa 1900(Tim Roth) untuk bertahan hidup sendiri dengan asuhan para pekerja kasar di dalam kapal. Hingga suatu hari ketika beranjak dewasa, seorang manajer kapal menemukan bakat alamiah 1900 dalam bermain piano yang menjadikannya seorang pianis di kapal pesiar tersohor seantero dunia.

Kepribadian yang unik dari 1900 memberikan pengalaman baru kepada penonton bagaimana seorang manusia membuat pilihan atas perjalanan kehidupannya yang hanya dihabiskan di dalam sebuah kapal pesiar yang sudah dianggapnya sebagai rumah tanpa pernah menginjak daratan sekalipun. film ini mengajak kita untuk merenungkan kembali bagaimana nilai-nilai yang telah mapan di masyarakat tidak selamanya bisa sejalan dengan pemikiran manusia-manusia unik seperti 1900. sebuah gambaran tentang kebebasan berkehendak manusia atas hidupnya.

Secara musikal film ini menawarkan konsep menarik seorang pianis jenius yang memainkan komposisi-komposisi musik sesuai dengan mood yang sedang dirasakannya saat itu juga. Begitu ekspresif, penuh improvisasi, ekploratif dengan artikulasi yang jelas tapi tetap harmonis. Seperti ketika 1900 memainkan komposisi musik yang sangat melankolis, dalam dan begitu indah saat dia jatuh cinta dengan seorang perempuan.

BEST SCENE: adegan dimana 1900 melakukan duel tiga babak dengan seorang pianis yang mendeklarasikan dirinya sebagai “penemu Jazz”, Jelly Roll Morton( Clarence William III).sebuah duel panas nan mencengangkan yang akhirnya dimenangkan dengan hook telak oleh 1900.

Bagi kalian penyuka film drama yang inspiring, dalam sekaligus menyentuh, saatnya lah menonton The Legend Of 1900. wajib dikoleksi pisan euy!! 
(
Umbara).

About deadlylefty

I'm a man with a simple life in this complexity universe
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s